Posted on

Kartu Pos dari Maluku Utara

117

Pada tahun 2012 saya berkesempatan untuk bergabung dalam acara Festival Teluk Jailolo. Sebuah perayaan akbar yang dilakukan tahunan di Jailolo, Halmahera Barat. Tentunya, festival itu sendiri merupakan keseruan tersendiri namun kedatangan saya ke sana membuka perjalanan menuju Maluku Utara.

Ini adalah cerita di balik kartu pos yang saya ambil di Maluku Utara. Mulai dari senja di Pulau Hiri hingga mendatangi Pelabuhan Rum di Tidore.

120
Pelabuhan Rum di Tidore

Kita mesti berbangga punya Maluku Utara karena sejarah perjalanan rempah bangsa Eropa dimulai dari tersohornya pala dan cengkeh di kepulauan ini. Tidore dan Ternate memang sudah lekat di kepala kita sejak kita belajar sejarah di Sekolah Dasar dulu, namun seberapa kenal kah kita dengan pulau penyimpan harta karun ini?

Pala dan Cengkeh diburu di sini. Perjalanan di Halmahera, Ternate, dan Tidore telah membuka pintu pengetahuan kepada saya dalam hal belajar tentang sejarah kekayaan alam Indonesia. Saya berkunjung ke perkebunan cengkeh dan juga pala. Selain itu, saya juga bisa mengambil gambar kecantikan alam Negri Rempah ini.

Keindahan alam Negri Rempah bisa kamu kagumi sendiri lewat kartu pos yang ada di PATW berikut ini:

114
Menikmati birunya laut di Jailolo
115
Mengunjungi Danau Tolire yang menyimpan legenda